Tempat

Pantai Kubu-Hidden Gem Di Kawasan Kuta Selatan

Happy New Year Teman Main!!!!!

Membuka tahun 2018, saya akan ajak kamu menuju tempat yang keren banget! Biarpun akses menuju tempat ini bisa dibilang menantang, tapi kamu bakal nikmatin keseruan selama perjalanan.

Mungkin Pantai Kubu masih asing di telinga kamu, apalagi buat yang mentog di pantai-pantai turistik semacam Pantai Kuta dan  Pantai Seminyak, yaudah bhay aja.

Sebenarnya, pantai ini bisa diakses dengan mudahnya, untuk kamu yang punya duit banyak nginep di resort mewah di atas tebing pantai ini.

Tapi, yeeekaaaan… namanya juga blom ada duit buat nginep yekaaan, jadinya sok-sok adventure aja gitu, biar dibilang traveler sejati. Padahaaaaal……

kagak sanggup bayarnya!!  🙂

Gondola Ayana Resort

Nah, ini gondola dari atas tebing yang langsung menuju ke pantai untuk para tamu yang menginap di Ayana resort. Dok; mainbentar

Ok, sekarang kita mulai petualangan seru menuju pantai ini, dijamin bakal seru banget kalo kamu lewat akses jalan yang kami lewatin.

Bertualang Menuju Pantai Kubu

Karena saya gak tau letak pasti tempat ini, saya menghubungi squad trail runner Jimbarun yang jadi penguasa track lari tak lazim di daerah Kuta Selatan. Mereka punya track lari 5K yang asik banget, nanti saya ceritakan lain waktu ya.

Petualangan dimulai dari basecamp mereka di Perumahan Puri Gading sebelum Garuda Wisnu Kencana.

Dari sini, kami menuju landmark terdekat, Pura Goa Peteng. Aksesnya via jalan melewati sekolah Taman Rama atau bisa langsung ikuti petunjuk di peta digital di bawah ini.

sampai kamu menemukan plang informasi Goa Peteng

Informasi Obyek Wisata Goa Peteng Jimbaran

Plang Informasi Objek Wisata Spiritual Goa Peteng. Dok; mainbentar

Jalan masuk menuju goa peteng

Ikuti jalan masuk ini, sampai kamu menemukan landmark Goa Peteng. Dok; mainbentar

Pintu masuk wisata spiritual Goa Peteng

Ini dia Pintu masuk obyek wisata spiritual Goa Peteng. Dok; mainbentar

Sekilas Tentang Pura Goa Peteng ;

Pura yang terdapat goa yang gelap sesuai namanya Goa yang berarti goa dan Peteng yang berarti gelap. Dulunya adalah tempat warga sekitar mengambil air untuk kebutuhan sehari-hari, di mata air yang terdapat dalam goa.

Karena kesakralan tempat ini, sekarang Goa Peteng dijadikan tempat melukat atau mensucikan diri. Untuk masuk ke dalam goa, kita harus ditemani pemangku untuk meminta izin kepada “penjaga” pura.

Kita harus turun melewati tangga untuk sampai ke mata air. Ada Goa Lemeng yang bersebelahan Goa Peteng dan dipisahkan semacam sungai dengan celah kecil yang hanya cukup untuk satu orang, untuk menuju mulut Goa Lemeng.

Unik, tapi serem-serem gimana gituuh. Waktu saya ke sini juga berasa banget aura-aura magisnya, walaupun cuma sampai di pintu gerbangnya aja.

Ok, mari kita lanjut menuju Pantai Kubu yang jadi tujuan utama mainbentar.

Jalan menuju Panta Kubu

Di depan gerbang Pura Goa Peteng, ada jalan “mblusuk” melewati hutan dan kali mati, untuk menuju Pantai Kubu. Dok; mainbentar

Dari jalan masuk ini udah berasa banget deh nuansa-nuansa adventure nya, ahzeeg…sok petualang banget deh. Masuk lebih dalam melewati jalan berbatu kapur dengan pepohonan rindang, bikin gak tahan buat berfoto.

Tempatnya instgramable banget!

Jalan masuk pantai kubu yang instagramable banget.

Ini baru beberapa meter dari jalan masuk, udah instagramable banget. Dok; mainbentar

Dari sini, kami masih melanjutkan perjalanan yang masih agak jauh, tapi karena kami tau bakal banyak keasyikan yang akan kami temui, jadinya seneng aja gituh.

goa peteng jimbaran

Di atas dinding tebing jalan yang kami lewati, ada mulut goa yang enatah di mana ujung atau pangkalnya. Mungkin ini ujung dari Goa Lemeng kali yak. Sotoy!! Dok; mainbetar

Aslik, sepanjang perjalanan, heboh buat foto-foto, banyak spot yang cakep sepanjang perjalanan. Mulai batu-batu kapur, pohon-pohon yang rindang dan tinggi, sampai ada batang pohon yang unik banget! Melintang di jalan menuju Pantai Kubu.

 Spot Instagramable Sepanjang Perjalanan

Jalan masuk berbatu kampur yang instagramable banget

Hutan dan jalan masuk yang berbatu kapur, bikin foto jadi terkesan adventure banget!! Dok; mainbentar

Spot foto instagram meuju pantai kubu

Ini salah satu spot ciamik di sepanjang jalan menuju Pantai Kubu

Nyesel juga sih, ke sini pake sendal jepit. Medannya gak pas banget! beberapa kali batu-batu kapur menggores kaki saat kepleset melewati batu yang licin karena hujan semalam (duuch..kaki mulus akuuu….)
Dari sini, jalan beberapa menit kami menemukan muara dan udah mulai kedengaran suara ombak!

YEAYYY…!!

tapi tetep harus blusukan menuju pantai.

pantai kubu jimbaran

Nah, udah mulai keliatan pantainya deh. Dok;mainbentar

Bermain Di Pantai Layaknya Pantai Pribadi

Edaaan, seneng banget begitu kami sampai di Pantai Kubu. Pantai kecil yang bisa dibilang jadi privat beach Ayana Resort ini, kami “bajak” jadi tempat bermain kami.

Pantai ini gak gede-gede amat, 5 kali back flip ditambah 2 kali koprol juga dah kelar.

Buat ngeliat pantai ini secara keseluruhan, kamu bisa melihatnya dari sisi laut, sambil nikmatin sunset seperti di postingan saya sebelumnya. Naik cruise kapal tradisional yang berakhir di Pantai Kubu.

Baca juga; Menjadi Perompak Sehari-Ini Cara Berbeda Menikmati Sunset Di Bali

Gondola Ayana Resort

Ujung pantai sebelah kanan, terdapat fasilitas gondola akses menuju pantai untuk tamu yang menginap di Ayana resort. Dok; mainbentar

ujung kiri pantai kubu ayana resort

Ujung sebelah kiri, ada batu karang yang instagramable banget. Walaupun ada tangga menuju puncak karang, tetap tidak diperbolehkan naik, karena berbahaya. Dok mainbentar

Berhubung Pantai Kubu juga jadi privat beach hotel mewah Ayana Resort, fasilitas life guard pun disediakan. Jadi berasa aman saat kami main ke pantai ini. Untuk membawa anak-anak main di pantai juga masih aman, selama tetap dalam pengawasan orang tua.

hmmm…mungkin life guardnya disediakan buat tamu-tamu hotel aja kali ya, kalo kita yang “tamu asing,” gak ikut tanggung jawab Oom life guard itu. ya kaleeeee

Life guardnya  tetep baik kok, buktinya pas salah satu Teman Main yang mau naik tangga ke atas karang, disemprit! Dilarang buat naik. Bahaya kaleeeee bro..

Pantai Kubu Jimbaran Aman Untuk Anak

Pantai Kubu masih aman untuk membawa anak-anak bermain. Selama dalam pengawasan orang tua. Dok; mainbentar

Nikamtin hari libur bareng temen-temen itu emang asik banget, apalagi yang seru dan tingkat narsisnya sama level. Jadi seru banget foto-fotoan di pantai. Dan saya berhasil membuat lompatan tertinggi saya, setinggi pucuk karang!! (mulai haluuu…mas-nyaa).

Tips Jika Kamu Berencana Main Ke Pantai Kubu (ala mainbentar)

  • Kamu bisa menghubungi  komunitas lari @jimbarun via instagram, untuk menemani kamu ke Pantai Kubu. Selain enakan rame-rame, daripada sendiri, malah nyasar.
  • Pakai sepatu, karena medan yang penuh batu kapur dan karang.
  • Bawa air mineral, lumayan jauh sih, jalan menuju Pantai Kubu.
  • Sun block dan kacamata hitam, jangan lupa!
  • Bawa baju extra kalo kamu berencana main di laut.
  • Kalo kamu pikir track menuju Pantai Kubu ala mainbentar terlalu berat, kamu bisa coba menginap di Ayana Resort. Kalo punya duit lebiih yeekaan.
  • Jangan lupa ajak kami kalo mau nginep. Ahahah teteeeep…..

Gimana, seru dan bikin pengen banget kan main ke Pantai Kubu?

Terimakasih buat kamu yang sudah mengikuti cerita mainbentar kali ini, jangan lupa untuk meninggalkan jejak di kolom komentar. Kalo kamu merasa cerita kali ini berfaedah buat kamu, jangan ragu buat membagi ke sosial media juga ya.

Selamat Tahun Baru 2018, Teman Main! Semoga di tahun yang baru ini, kita makin banyak diberikan kebahagiaan.

Terimakasih buat temen Jimbarun yang udah menemani petualangan ini.

A post shared by jimbaRUN (@jimbarun) on

 

Spread the love

2 Comments Pantai Kubu-Hidden Gem Di Kawasan Kuta Selatan

Leave A Comment