Destinasi Wisata

Makan Seafood Murah Meriah Di Pantai Kedonganan Bali

Ciamik….ketemu lagi dengan akhir pekan. Bulan July di Bali adalah saat paling syahdu, angin dingin dari Australia berhembus sampai ke Bali, sepoy-sepoy bikin adem dan enak buat main bentar ke Bali, yuk!!

Sunset Dan Pantai

Akhir pekan di Bali gak lengkap rasanya kalo dihabisin tanpa melihat matahari terbenam. Rencana makan seafood yang udah disusun akhirnya bisa direalisasikan.

yuhuuu….., makan ikan segar hasil tangkapan nelayan, sambil menikmati sunset dan nge-beer udah ada di kepala kami saat perjalanan menuju ke tempat makan. Kalo kamu biasanya makan seafood di restoran yang cukup menguras kantong, nih saya kasih referensi lain, buat kamu yang doyan makan seafood dengan porsi besar dan ikan yang dijamin segar bugar, yuk tancap…..

Sketch-dalam-mobil

Perjalanan menuju Pantai Kedonganan. Sketch ala-ala saya yang masih belajar banget.

Jarak yang gak terlalu jauh dari rumah, bikin perjalanan menuju tempat makan tidak terlalu melelahkan. Sambil dengerin playlist dari spotify  saya dengan lagu-lagu  chill kesukaan, bikin perjalanan makin asoy. Gak butuh waktu lama, sampailah kita di Pantai Kedonganan, sebenranya tujuan utamanya bukan ke pantai ini, tapi ke Pasar Ikan Kedonganan, pasti kamu heran, mau makan ikan, ngapain mesti ke pasar?

Nah, ini dia yang akan saya kasih tau ke kamu. Sebenernya baru sedikit orang yang tau kalo di Pasar Ikan  Kedonganan, kamu juga bisa makan seafood ala restoran-restoran seafood di daerah pantai Jimbaran yang terkenal menguras kantong.

Menuju kesini, kamu tinggal masukakan aja lokasi Pantai Kedonganan di kolom destinasi google map dan ikuti petunjuk dari peta digital itu. Lokasinya masih di kawasan Jimbaran. Saran buat kamu yang mau kesini, sebaiknya sebelum jam 5 sore kalo gak mau kejebak macet, karena bakal banyak bis-bis wisata juga yang menuju ke Pantai Kedonganan buat bawa tamu-tamu mereka, makan di restoran seafood yang juga banyak di pantai ini, jangan ampe salah, tujuan utama kita adalah Pasar Ikan Kedonganan.

P_20170722_175740_vHDR_On

tuh, bis-bis yang udah nangkring, dan ini satu-satunya jalan menuju Pasar Ikan Kedonganan

Setelah melewati deretan bis yang mangkal kayak di terminal, akhirnya sampai juga..,

Selamat Datang Di  Pasar Ikan Kedonganan….

P_20170722_180431_vHDR_On

Buat kamu yang bawa mobil, disediakan tempat parkir juga di sini, tapi terbatas, makanya kudu lebih awal kalo mau kesini. Kalo kamu kesini naik sepeda motor, lebih gampang dan parkirannya banyak.

Jam 4 sore sudah ada di lokasi, adalah waktu yang saya saranin buat kamu, kalo gak mau kejebak macet. Selain itu kamu bisa foto-foto dulu, buat stok social media kamu, banyak banget objek yang bisa kamu ambil di tempat ini. Kalo udah bosen foto-foto, kamu bisa langsung menuju pasar.

Uniknya makan ditempat ini, kamu pilih dan beli ikan dan makanan laut lainnya yang kamu suka, tawar-menawar dengan penjual, terus bawa deh ke tempat pembakaran ikan, cuma bayar biaya bumbu dan jasa pengolahan saja.

Harga yang dikenakan untuk membakar ikan dan dibumbui dengan saus saus khas ikan bakar Jimbaran sekitar IDR 20.000 saja. Untuk biaya lainnya tergantung bahan yang kamu punya mau diolah apa, misal, kamlo kamu beli cumi, dan mau dibikin cumi goreng tepung, ada harganya sendiri, yang pasti murah banget lah.

suasana-pasar-ikan-kedonganan-bali

para pembeli saling tawar-menawar di pasar ikan

Menurut saya, ini pengalaman yang kudu banget kamu coba, kalo pas lagi berkunjung ke Bali. Biar liburan kamu lebih variatif dan gak kayak orang-orang kebanyakan, dan gak cuma orang lokal aja yang makan disini, turis-turis dari luar negri juga banyak yang makan di sini, mungkin mereka juga tau dari blog-blog traveler yang sudah ngerasain uniknya makan di sini. Daripada kesitu lagi-ke situ lagi, mending cobain deh serunya makan di sini.

Abis dapet ikan-ikan segar yang bakal jadi santapan malam ini, kita bawa deh ke tempat pembakaran,sambil nyari meja yang semakin terisi penuh sama pengunjung yang juga datang kesini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sambil nunggu ikan-ikan itu selesai dibakar dan dibumbui, mending jalan-jalan dikit ke pantai, sambil foto-foto…..tapi jangan sampai meja kalian diambil sama pengunjung lain, kesini bagusnya rame-rame biar seru dan ada yang jagain tempat. 🙂

P_20170722_182417_vHDR_On

Jukung-Bali

P_20170722_182029_vHDR_On

Sunset-Pantai-Kedonganan

Selesai foto-foto, ikan bakar pun sudah siap di meja. Jangan kuatir, disini juga disediain tempat buat cuci tangan. Di sekitar tempat pembakaran ikan, juga ada penjual-penjual makanan pendamping ikan bakar looh. Kalo kamu doyan banget sama pete dan terong, bisa kamu dapetin dengan mudah di sini, dan pastinya murah meriah, pete satu renteng cuma IDR 4000 ajah.

Ikan bakar, pete dan terong.

Mantap Bangetttttttt

Dengan porsi segini banyak, kamu bisa makan dengan teman kamu 6 orang, tinggal pesen nasi dan minuman ajah. Sambal udah termasuk paket bakar ikan. Kalo kamu pernah ngabisin duit sejuta lebih, di restoran seafood di Pantai Jimbaran dengan teman-teman kamu, disini, untuk makan nikmat sebanyak ini, kami hanya merogoh kocek sebesar IDR 200.000 diluar biaya membeli ikan, kalo ama minuman dan beer dan segala macem, paling cuma abis sekitar IDR 500.000 buat 6 orang. Muraaaaaahhh bangetttttt kaaaaaaaan. udah gitu porsinya luar biasa. bener-bener makan besar!

Selesai…. Perut kenyang, jadi bego ahahha. Waktunya pulang karna  badan udah nyaru sama bau asap pembakaran ikan, tinggal mandi, trus ,molooorzzzzzz…zzz…

eits…., ntar dulu… , satu lagi oleh-oleh buat kamu.

saat matahari menghilang, jejak-jejak kenangan selalu datang

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catper ini. Jangan lupa untuk meningglakan jejak dan dibagikan ke temen-temen kamu ya…, tabik.

Spread the love

16 Comments Makan Seafood Murah Meriah Di Pantai Kedonganan Bali

  1. Pingback: Pirate Sunset Cruise-Cara Berbeda Menikmati Sunset Di Bali ⋆ mainbentar.com

    1. mainbentar

      Haloo Yuliuss, makasih sudah mampir. Iya kalo mau makan seafod super segar dan murah…ke sini aja, dan ramah wisatawan lokal..

  2. Ferla

    keren infonya, makasiih banget. Udah beberapa kali mampir ke Bali, cuma satu resto aja yg dikunjungi… Awal Juli nanti mau mampir n mau nyoba yg di Kedonganan.

    1. mainbentar

      Hi Ferla,

      Terima kasih sudah mampir. Iya kalo mau yang lebih murah dan bersahabat kesini aja, lagian bisa jadi pengalaman yang berbeda kan kalo pas liburan ke Bali. Jangan lupa subscribe juga ya buat tau keseruan di Bali lainnya.

  3. Novi Desnia N

    Wiih biasanya kalo ke bali makan nya di jimbaran, dan mahal 😢. Nnti coba ke sini kaya nya seru 😂. Thank you bli buat tulisan nya..

    1. mainbentar

      Waaahh, makasihh banget yaaa sudah mampir. Iya kalo mau yang lebih murah dan pastinya segar, karena harus belanja sendiri di pasar . Pastinya kamu tau kebutuhan kamu, seberapa banyak ikan dan sea food lainnya yang dibutuhkan.

        1. mainbentar

          Hai Han,

          Kalo saya biasanya di tempat bakar yang meja-nya kayak terbuat dari perahu gitu.Tapi semu tempat bakar di pasar Kedonganan sama semua kok, bumbu dan cara olahnya rata-rata sama di setiap tempat bakar. Terima kasih sudah mampir ya.

  4. Asih

    Trimakasih ya infonya keren…
    Kita kan pingin seafood yg harganya ga semahal jimbaran…..ga reasonable deh hg jimbaran 🙂 buat turis lokal …

    1. mainbentar

      Terima kasih ya Asih sudah berkunjung ke blog ini. Iya lagian terkadang turis lokal suka mendapat perlakuan yang kadang gak adil rasanya dibanding turis bule. Padahal jumlah belanjanya kadang lebih banyak dari turis bule. Makanya saya suka menyarankan teman-teman saya yang datang ke Bali, kalo mau makan seafood, kalo gak di daerah Kedonganan ya langsung di pasar kedonganan seperti yang sudah saya tulis.

  5. Yushu Usyu

    Hai saya dr malaysia bagus sekali info nya februari 2019 mau mampir mau dicoba cuma mau nanya apa halal buat yang agama islam cara masaknya di kedonganan

    1. mainbentar

      Halo Yushu,

      Terima kasih sudah mampir. Setahu saya cara masak di sana bisa dibilang halal, karena tidak ada jenis masakan lain selain seafood yang di jual di sana.

Jangan lupa meninggalkan komentar. Karena komentar yang kamu tinggalkan, memberi harapan baik untuk blog ini :)