Review

Hotel Gammara Makassar-Review Pengalaman Menginap


Dari beberapa kunjungan saya ke Makassar, kota ini selalu punya sesuatu yang baru setiap saya datang di ibukota Sulawesi Selatan ini. Mulai dari pembangunan yang pesat, sampai menjamurnya hotel-hotel berbintang yang saling bersaing, dari segi lokasi ataupun megahnya bangunan. Hotel Gammara, tempat saya menginap  saat bertandang untuk tugas kantor ke kota angin mamiri ini, bisa jadi pilihan kamu berlibur juga.

Tergolong  baru, Gammara  mungkin jadi jawaban kamu yang bingung mencari hotel di Makassar. Lokasi hotel ini cukup strategis, karena dekat dengan tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Cukup membayar antara 5-10 ribu rupiah menggunakan taksi online, kamu sudah bisa menyambangi Trans Studio Mall, Pantai Losari, Fort Rotterdam, Pusat perbelanjaan Somba Opu dan Coto Nusantara yang terkenal itu.

Baca Juga: 7 Hal Yang Bisa Dilakukan Di Makassar Dalam Sehari

Gammara Hotel Impresi Pertama

Gammara diambil dari  bahasa Makassar yang artinya bagus atau keren, membuat saya sempat takjub dengan bentuk gedungnya yang unik, terlihat dari kejauhan. Bentuk bangunannya seperti buku raksasa.Mobil taksi online yang mengantarkan saya dari bandara pun akhirnya masuk ke area hotel dan menurunkan saya tepat di depan lobby. Bellboy dengan sigap membantu saya menurunkan barang dan menyimpan di concierge sementara saya melakukan proses check in.

Karena, saya datang sebelum jam check in, sempat kuatir juga, belum bisa masuk ke kamar. Syukurnya, pihak hotel memberikan kelonggaran check in awal karena sebelum menginap, pihak travel agent sebagai penyelenggara acara yang saya ikuti, meminta kemudahan, untuk peserta acara bisa check in lebih awal. Proses check in yang cepat, membuat saya bisa lekas masuk kamar dan beristirahat sejenak. Rencananya sore hari saya akan berkeliling hotel, melihat fasilitas apa saja yang terdapat di hotel ini.  

Hotel Gammara Makassar

Hotel Gammara dengan gedung megahnya. Dok; mainbentar

Lobby hotel Gammara

Reception Hotel Gammara

Hiasan rumah adat Toraja di Hotel Gammara makassar

Hiasan rumah adat Toraja di dekat pintu lift. Dok: mainbentar

Kamar Hotel Gammara

kamar gammara hotel makassar

Saya menempati kamar di lantai 5 dari total 20 lantai. View kolam renang dan pemandangan kota, cukup ciamik, dan gak bikin bosen. Dengan luas kamar 24 square meter, bagi saya sudah mencukupi standar menginap di hotel yang termasuk dalam kategori bintang 4. Saya tinggal di kamar superior yang cukup nyaman walau ditinggali dua orang dengan kasur twin. Terdapat single sofa untuk membaca atau menonton TV.

Kamar mandi cukup luas, dan tidak bikin sesak, jadi bikin ritual mandi jadi nyaman. Disediakan 2 handuk untuk 2 orang yang menginap, handuk badan dan handuk muka. Tapi sayangnya, untuk handuk, saya dan teman menginap sepakat, handuk yang jadi fasilitas kamar ini, tidak terlalu baik kondisinya. Kasar dan sedikit berbau apek

handuk hotel gammara

Handuk sebagai fasilitas di hotel Gammara.

Sarapan Enak dan Lengkap

Saya datang ke Malino restoran untuk sarapan lebih pagi dibanding teman-teman saya. Penasaran dengan menu disajikan dan biar lebih leluasa untuk mengambil gambar restoran. Reception dengan Baju Bodo khas Makassar menyambut saya dengan ramah, menanyakan nomor kamar sebagai standar untuk tamu yang ingin sarapan di restoran.

Untuk hotel bintang 4, sarapan di Hotel Gammara ini bisa dibilang lengkap banget! Pilihannya banyak banget. Mulai dari menu lokal dan internasional disediakan di sini. Tersedia juga tradisional corner untuk makanan khas nusantara seperti nasi uduk yang bisa kamu racik sesuai selera.

Beragam pilihan mie dan bubur juga ada loh di sini. Selain itu, jajanan tradisional melimpah di sini, di samping roti dan pastry. Ada gogos yang bikin saya gak selesai-selesai sarapan pagi untuk dan menikmati jajanan khas, ketan dengan isi teri atau ebi berbalut daun pisang. Mumpung di Makassar kan.

Baju Bodo Makassar

Reception dengan Baju Bodo, baju adat Makassar, menyambut tamu-tamu yang akan sarapan pagi. Dok;mainbentar

Jajanan tradisional makassar

Pilihan kue tradisional, saat kamu sarapan di restoran Gammara Hotel. Dok;mainbentar

De Malino restoran Gammara Hotel

Restoran luas dengan pencahayaan alami. Dok;mainbentar

Fasilitas Hotel Gammara

Saya sempat berkeliling untuk melihat fasilitas apa saja yang disediakan di Hotel Gammara, sekaligus mengecek letak ruang meeting untuk event yang saya ikuti. Hotel dengan total 20 lantai dan 256 kamar ini, punya 4 kategori kamardan tersedia 4 cottages dengan kolam renang privat sebagai nilai jual yang unik hotel ini.

Fasilitas kebugaran yang luas, dan berhadapan dengan kolam renang, bakal menjaga kamu tetap fit selama liburan. Kolam renang anak dan dewasa, juga fasilitas pool towel disediakan buat kamu, jika ingin berenang. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan membaca peraturan di kolam renang ya, karena tidak ada lifeguard yang berjaga.

Meeting room di Gammara hotel bisa dibilang besar banget. Dengan jumlah 7 meeting room yang tersebar di tiga lantai. Ballroom yang terletak di lantai 1 bisa digabung sebagai grand ballroom yang bisa menampung lebih dari 1.600 tamu. Business center juga tersedia untuk tamu yang menginap di sini.

Bira bar yang terletak bersebelahan dengan Malino restoran, menyediakan minuman dan pastry untuk kamu bersantai di sore hari. Tak jauh dari bar, terdapat fasilitas Auto Teler Machine (ATM) Bank BCA. Jadi gak perlu kuatir kalo perlu uang tunai.

Malam hari, kamu dan teman-teman bisa mencoba naik ke lantai 20 Hotel Gammara, di sana terdapat Rilangi Sky Bar dengan live music dan DJ ditemani pemandangan Kota Makassar malam hari. Indahnya lampu-lampu kota dan Pantai Losari yang jaraknya tidak terlalu jauh dari hotel, bikin pengalaman berbeda dari kunjungan saya ke Makassar sebelumnya.

meeting room Gammara Hotel

salah satu ruang meeting di Gammara Hotel Makassar. Dok;mainbentar

 

Fasilitas kebugaran gammara hotel

City light kota makassar

City light kota Makassar dilihat dari Rilangi Sky Bar lantai 20 di Gammara Hotel. Dok; mainbentar

Overall Review

Saya cukup menikmati saat menginap di Gammara Hotel Makassar, walaupun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lagi untuk ditingkatkan, seperti ;

  • Staff Front Office yang kurang ramah, dan tidak memberikan solusi saat saya menanyakan barang yang saya kirim ke hotel Gammara.
  • Lobby yang terasa kosong dan kurang menarik, padahal kesan megah sudah diperlihatkan dari luar gedung. Perlu sentuhan artistik lagi.
  • Ada satu spot, mungkin diperuntukkan para tamu yang akan berselfie ria, tapi tata letak dan dekorasinya gak banget menurut saya, malah terkesan kampungan.

Mudah-mudahan review ini bisa memberikan informasi yang kamu butuhkan ya, jika kamu ada pertanyaan dan menganggap tulisan ini bermanfaat, jangan ragu meninggalkan komentar dan membagikannya ke teman kamu via media sosial. Sampai jumpa teman main.

Alamat : Jl. Metro Tj. Bunga, Kp. Buyang, Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90121

Telepon(0411) 8918888

Spread the love

Jangan lupa meninggalkan komentar. Karena komentar yang kamu tinggalkan, memberi harapan baik untuk blog ini :)