Main kemanapun yang kamu mau! Bentar Aja...

Tempat

Kamu Mungkin Gak Mau Pulang-Saat Damai Yang Kamu Cari Ada Di Gili Air

Sebenarnya, ini perjalanan awal tahun saya. Perjalanan ke Gili Air, menjadi trip pembuka tahun 2017, waktu mainbentar.com belum lahir, dan masih berbagi via Steller.

Ini adalah kali pertama saya mengunjungi Gili Air, dan langsung jatuh cinta sama pulau yang tenang ini. Beda sama Gili Trawangan yang gegap gempita dan riuh, Gili Air emang paling pas buat kamu yang nyari ketenangan dan menjauh dari hingar bingar duniawi (anjir, mulai lebay).

Main bentar lah ke Gili Air, rasakan kedamaian di pulau yang cuma perlu 1 jam buat dijelajahi. Cari spot yang enak buat ngeskab  nikmatin sunset Gili Air.

Sunset Gili Air

Pemandangan kayak gini nih yang selalu bikin kangen. Dok; mainbentar

Perjalanan Menuju Gili Air Pun Dimulai

Karena jadwal penerbangan siang hari, jadi kita nyantai aja, bisa packing di hari keberangkatan, cuma check in tiket online . Biar gak terlalu keburu-buru.

Nyampe bandara I Gusti Ngurah Rai, dengan berlenggang kangkung kami  menuju counter check in, untuk mengambil boarding pass.

Enak banget kalo traveling cuma bawa satu ransel doang, gak ribet nunggu bagasi nanti saat tiba di tempat tujuan.

Wings air to Lombok

Naik pesawat kecil ini menuju Lombok. Mengemas kebutuhan selama liburan dalam satu ransel, adalah hal yang wajib dipelajari. Biar gak rempong sama bawaan sendiri. Dok; mainbentar

Gak butuh waktu lama untuk sampai di Lombok. Cuma 20 menit! Kita sudah mendarat di Bandar Udara Internasional Lombok.

Bandara Lombok yang baru terletak di wilayah Lombok Tengah yang sebelumnya berada di Praya-Lombok Barat. Yang lebih dekat dengan penyeberangan menuju Pulau Gili.

Sebenarnya rute yang kami ambil ini, agak-agak salah sih.

Tips : Kalo kamu berangkat dari Bali, lebih baik menggunakan kapal cepat dari dermaga Padang Bai atau Serangan. Jadi langsung menuju pulau gili yang jadi tujuan liburan kamu. Lebih hemat waktu dan anggaran liburan. Jangan lupa untuk pesan tiket pergi-pulang biar lebih praktis.

Tapi yang namanya liburan, dilemesin aja tsay….

Tiba Di Lombok

Karcis bis damri menuju penyebrangan ke gili air

Naik bis damri menuju penyebrangan di Senggigi – Lombok Barat. Dok ; mainbentar

Sampai di  Bandara Internasional Lombok, kami membeli tiket bus Damri yang konternya berada sebelum pintu keluar bandara.

Banyak juga sih penyedia jasa transportasi lain menuju Lombok Barat, tapi harganya agak-agak mahal gituu…, jadi kami putuskan untuk naik bis Damri saja.

Dengan membayar Rp 35.000/penumpang bis ini akan mengantarkan kamu sampai Senggigi, daerah wisata Lombok Barat yang udah terkenal banget.

Tapi nunggu bis berangkat lama banget!

Jadi, bis akan jalan kalo dirasa penumpang sudah penuh, atau menunggu flight selanjutnya yang akan tiba. Kezeeel gak sih!

Sekitar 50 menit waktu yang kita butuhkan menuju Senggigi untuk selanjutnya naik taksi atau transport lainnya menuju dermaga Bangsal.

Restoran di Senggigi

Karena belum sarapan dan lamanya perjalanan, sampai di Senggigi kami putuskan untuk makan dulu sebelum menyeberang ke Gili Air. Lapar bok! Dok; mainbentar

Menyeberang Menuju Damainya Gili Air

Public boat to gili air

Jangan lupa bawa sendal jepit! Karena harus lewatin air untuk naik ke boat. Dok; mainbentar

Dengan membayar tiket penyebrangan Rp 12.000/penumpang sekali jalan menggunakan public boat,  25 menit menyeberang selat Lombok kami sampai di Gili Air.

Dermaga Gili Air

Sebelum menuju penginapan, ada baiknya kita berfoto dulu yeeekaaan! Dok; mainbentar

Menuju hotel tempat menginap yang sebenarnya gak jauh-jauh amat dari dermaga, sebagai traveler manja, kami naik Cidomo, satu-satunya transportasi yang diperbolehkan beroperasi di semua Pulau Gili.

This slideshow requires JavaScript.

Hotel Ombak Paradise, yang baru banget buka ini, cakep banget buat menginap beberapa hari di Gili Air. Kolam renangnya cakep banget dan gueedee! Ada kolam renang anaknya juga, jadi pas banget buat kamu yang liburan bareng keluarga dan anak-anak.

Istirahat sebentar sebelum mengeksplorasi Gili Air. Cuaca di luar sedang cerah-cerahnya, jadi mending bobok-bobok dulu nunggu agak ademan.

Jalan di Gili Air

Udah agak ademan, baterai henpon sudah penuh, waktunya jalan keliling pulau nyari spot ciamik buat sunset-an. Dok; mainbentar

Di Gili Air, walaupun gak seheboh di Gili Trawangan, banyak juga beach club asik di sini buat nikmatin syahdunya momen matahari terbenam.

Harga minumannya juga masih wajar, mulai Rp 25.000 kamu sudah bisa menikmati bir dingin sambil nikmatin sunset.

Setelah waktu sunset, biasanya kalo malam ada beberapa restoran yang menggelar movie night, jadi kalo bosen, kamu bisa keliling pakai sepeda yang bisa kamu sewa dan mengunjungi restoran yang menggelar nonton film bareng.

Nonton film ditemani sepoi angin malam dan kudapan, ciamik juga kan?

 

Bir dan sunset gili air

Bir dan sunset! Dua hal yang gak bisa dipisahkan. Dok; mainbentar

Pagi Yang Damai Di Gili Air

Gak ada tuh ceritanya  party sampai pagi dan bangun siang, kayak di Gili Trawangan yang jadi surganya pesta! Kalo kamu menginap di Gili Air.

Di Gili Air suasananya lebih tenang, cocok buat yang mau menenangkan diri.

Bangun pagi, minum kopi setelah sarapan dan nikmatin indahnya pagi di Gili Air, adalah hal yang gak boleh dilewatkan saat kamu liburan di sini.

A post shared by mainbentar.com (@abim_saptanugraha) on

Berkeliling lah dengan sepeda atau jalan kaki, menikmati Gili Air yang tenang, main di pantai yang berpasir putih di pulau ini, adalah aktifitas yang bisa kamu lakukan di Gili Air.

Buat kamu yang mau snorkeling, beberapa penyedia jasa snorkeling menyewakan alat untuk kamu, menikmati keindahan pesona bawah laut Gili Air.

Menyusuri pantai di gili air

Menyusuri pantai saat pagi di Gili Air itu enak banget, udara bersih dan pemandangan indah. Surga! Dok; mainbentar

Selain itu, kamu bisa membeli pernak-pernik kerajinan yang dibuat penduduk setempat, untuk buah tangan pribadi atau untuk teman-teman kamu juga boleh.

Kios oleh-oleh gili air

Kios-kios kerajinan yang dibuat penduduk setempat bisa kamu kunjungi untuk beli oleh-oleh. Dok; mainbentar

Tips Liburan Ke Gili Air

  • Jangan lupa bawa sandal jepit! Karena harus berjalan menuju kapal saat di dermaga, siapkan juga tas plastik untuk membungkus sepatu kamu.
  • Lebih baik membawa banyak baju kaos dan celana pendek, karena cuaca di Gili Air, panas bok! Pasti keringetan banget.
  • Sun block dan kacamata hitam jangan lupa!
  • Usahakan berangkat pagi menuju Gili, karena ombaknya masih relatif tenang dan beberapa perusahaan jarang yang menjual tiket keberangkatan sore hari.
  • Siapin juga ekstra uang cash, karena ATM terbatas banget di Gili Air
  • Kamu juga bisa island hopping menuju Gili Trawangan buat party dan kembali ke Gili Air untuk istirahat setelah basian party.
  • Ke Gili Meno juga seru!

Gimana, seru juga kan liburan ke Gili Air? Kalo kamu suka dengan cerita mainbentar kali ini, tinggalin jejak kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa untuk membagikan ke sosial media kamu, kali-kali aja ada faedahnya buat teman kamu.

Selamat berlibur Teman Main!

 

Spread the love

8 Comments Kamu Mungkin Gak Mau Pulang-Saat Damai Yang Kamu Cari Ada Di Gili Air

    1. mainbentar

      Hi Adit, kalo dari segi biaya sih mungkin beti lah ya…., tapi lama perjalanan dan harus berpindah-pindah moda trasportasi itu yang bikin capek, bisa jadi liburan kamu gak fun, karena bete di perjalanan. MAkasih ya sudah mampir dan ninggalin jejak….

Leave A Comment