Bangga Menjadi Narablog-Menulis Memberi Arti dan Memperbaiki Diri

Mengapa saya menulis ? Itu yang kadang juga menjadi pertanyaan untuk diri saya sendiri. Dari senangnya membaca pengalaman orang lain melalui tulisan di blog, sampai kepikiran untuk menuangkan pengalaman pribadi di laman blog sendiri. Awalnya sempat bingung, mau menulis tentang apa dan pakai pelantar (platform) blog yang mana?

Seringnya berkunjung ke beberapa blog dengan platform yang berbeda-beda dari laman para narablog. Akhirnya saya memutuskan untuk memakai pelantar wordpress saja karena lebih user friendly apalagi untuk pemula.

Setelah menemukan pelantar yang dirasa tepat, beberapa kali saya bertemu dengan kebuntuan untuk menuliskan konten. Biasanya kalo sudah begini saya selalu berkunjung ke laman blogger lain, untuk menstimulasi ide.

Kegiatan menulis di blog sudah saya lakukan sejak 2017 ini, memang belum membuahkan hasil, yang bisa dibilang cukup secara finansial. Sebenernya itu bukan tujuan utama juga, karena saya juga masih bekerja di suatu perusahaan. Kegiatan menulis konten di blog, lebih saya titik beratkan  pada manfaat lain, yang benar-benar saya rasakan setelah konsisten menjalani hobi ini.

Manfaat menulis blog yang sudah saya rasakan tersebut adalah;

Menulis Dapat Menjernihkan Pikiran

Yup, bener banget, menulis bagi saya bisa menjernihkan pikiran yang sedang keruh. Dengan menulis, saya dapat mengurai satu per satu masalah yang menumpuk di kepala. Jadi saya bisa menentukan prioritas masalah mana yang harus didahulukan. Kalau pikiran saya sedang keruh, biasanya saya menyeduh secangkir kopi, dan mulai menulis. Menulis apa saja yang ada di kepala saya, baik itu di secarik kertas ataupun dalam bentuk digital di ponsel pintar.

Meningkatkan Konsentrasi

Menulis konten di blog juga membantu saya untuk meningkatkan konsentrasi. Iya, dari efek pikiran yang menjadi lebih jernih karena kegiatan menulis, saya juga merasakan tingkat konsentrasi yang lebih. Saya sering menulis memang di jam-jam tertentu yang dengan suasana ang tenang, tapi saat berada di lingkungan yang banyak orang dan kemungkinan distraksi cukup besar, saya sudah bisa mengendalikan konsentrasi saya.

Menjadi Pembelajar Aktif

Menjadi narablog menuntut saya menjadi pembelajar aktif. Saya jadi lebih senang mengamati berbagai style penulisan di blogger lain, gaya bahasa yang dipakai, sampai cara mereka memenangkan sebuah kompetisi blog.

Selain itu, saya jadi lebih sering membaca buku atau majalah, untuk menstimulasi ide dan juga belajar lagi, kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kadang jadi sadar dan malu sendiri saat bingung bagaimana kaidah yang benar saat menuliskan sebuah partikel kata. Jadi harus buka KBBI lagi deh, tapi KBBI yang dalam versi daring, namanya juga penulis era digital.

Gagasan Sistematik

Menuliskan konten di blog, membuat saya menjadi lebih sistematik dalam menyampaikan atau menuliskan suatu gagasan. Pikiran saya jadi dibiasakan untuk lebih tertata, dan itu sangat membantu dalam pekerjaan saya. Jujur saja, dulu sebelum menulis di blog, pola pikir saya cukup sporadis dan agak acak, jadinya sering kebingungan sendiri saat menyelesaikan masalah. Sekarang, sudah jauh lebih baik, karena terbisa menuangkan gagasan dengan tuntutan harus sistematik.

Membangun Kreatifitas

Semenjak punya komitmen untuk menulis di blog, saya jadi selalu terpacu dan pastinya terstimulasi untuk selalu berpikir kreatif demi menghasilkan isian blog yang menarik untuk pembaca.
Walapun kadang ada keraguan, apakah  tulisan yang kita hasilkan dengan proses berpikir berhari-hari, ada yang membaca?

Pernah beberapa kali pikiran itu hinggap, tapi biasanya saya kesampingkan saja, toh ada yang baca atau tidak, saya mendapat faedahnya, yaitu selalu belajar berpikir kreatif.

Membangun Sikap Konsisten

Dulu saya susah sekali membangun konsistensi dan komitmen pada sebuah hobi, selalu saja ada yang membuat saya putus di tengah jalan. Atau sebenarnya, saya terlalu banyak ketertarikan kepada banyak hal, hingga membuat saya susah untuk fokus dan konsisten melakukan suatu hal. Menulis di blog, jadi satu penawar racun ketidak konsistenan saya.

Saat pertama kali mencoba untuk menulis blog, saya disarankan untuk langsung memakai domain dan hosting berbayar, jadi merasa punya tanggung jawab. Ternyata berhasil, menulis blog adalah sebuah hobi yang sudah saya geluti secara konsisten hampir dua tahun ini. Jadi selalu merasa ada hutang, kalo tidak menulis konten.

Menambah Teman Baru

Gak bisa dipungkiri, di era digital dan millenial sekarang ini, ada pergeseran interaksi yang terjadi. Dulu kita harus bertemu dan membuat pertemanan baru, tapi sekarang, kita bisa menjalin pertemanan dengan orang yang punya ketertarikan yang sama dan bisa berbagi informasi, menjadi akrab bahkan menjalin bisnis tanpa harus bertemu muka. Beberapa kali sebagai narablog, jika mampir ke sebuah kota, maka saya akan mengontak teman baru yang saya kenal dari media sosial untuk bertemu muka, istilahnya kopi darat.

Bangun Lebih Pagi

Menjadi narablog dan orang kantoran, membuat saya harus pintar mengatur waktu. Daripada saya harus begadang menulis isi blog, saya menyiasati dengan bangun lebih pagi. Banyak juga keuntungan bangun pada waktu subuh, suasana tenang membuat saya bisa lebih konsentrasi dalam menulis konten. Selain itu, badan juga terasa lebih segar  jika kita bangun pada saat subuh, karena udara bersih yang kita hirup di pagi hari.

Rajin berolahraga menjadi bonus dari manfaat kebiasaan bangun subuh, saya jadi punya waktu lebih untuk menyempatkan diri olahraga sebelum aktivitas saya di kantor.

Harapan-harapan Untuk Langkah Ke Depan

Yuhuu, itu dia alasan mengapa saya menjadi narablog di era digital. Banyak manfaat yang didapatkan dari hobi menulis blog, selain yang kadang bikin sumringah dan bangga menjadi blogger, kalo tulisan dan informasi yang kita bagikan bermanfaat untuk pembaca kita. Apalagi ditanggapi di kolom komentar, wuaah senangnya kayak menang undian..hehee.

manfaat ngeblog

Kalo ngomongin harapan untuk blog, dan diri sendiri menjadi narablog yang lebih baik, saya sudah membuat daftar permohonan, mumpung masih nuansa tahun baru, kan. Ini dia list harapan untuk 2019;

  • Lebih banyak konten yang diterbitkan dibanding tahun sebelumnya.
  • Memenangkan banyak kompetisi menulis blog.
  • Jumlah pembaca yang meningkat di tahun ini.
  • Banyak bekerjasama dengan brand atau produk.
  • Jadi salah satu blog yang berpengaruh dalam memberikan review.
  • Memberikan banyak manfaat kepada pembaca dari tulisan yang informatif dan giveaway menarik.
  • Jaringan sesama penulis blog meenjadi semakin luas dan bisa membangun kolaborasi.

Yup, itu dia harapan untuk tahun tahun ini, semoga semesta memberikan jalan untuk mewujudkan semuanya, pun kalo gak semua poin dalam daftar permohonan saya, walaupun cuma satu yang terwujud, tetap membuat saya bersyukur. Kalo kamu, apa sih wish list kamu di tahun ini?  Kasih tau di kolom komentar ya…

-Cheers-

Spread the love

Comments

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  1. Matius Teguh Nugroho

    Kalau aku membuat travel blog karena aku suka berbagi cerita, mas. Aku juga budak kantoran seperti kamu, tapi aku lebih suka nulis malem-malem atau pas weekend, ahaha. Sanguin sih. Nggak perlu nulis sampai begadang, dicicil sedikit demi sedikit aja.

    Baru tau bahasa Indonesia yang tepat buat platform adalah “pelantar”

    1. Post
      Author
      mainbentar

      Karena Saya masih weekend worker yasudah, harus pintar2 menyiasatu waktu. Thanks you sudah mampir di blog dan kopdar di Bandung.

Jangan lupa meninggalkan komentar. Karena komentar yang kamu tinggalkan, memberi harapan baik untuk blog ini :)