Tempat

Catatan Perjalanan Myanmar 6D5N Day 3-Bagan (Bag 2)

Badan yang tadinya masih pegal dan rasa kantuk yang menggelayut saat menikmati sunrise pertama kali di Bagan, hilang. Setelah beberapa saat beristirahat dan badan bisa selonjoran.

Eksplorasi Bagan Lama

kami-pun siap untuk eksplorasi Old Bagan dan mengejar moment matahari terbenam. Lets GO!

makan siang dulu kali Bro….

Menyewa motor listrik di hotel untuk berkendara selama berada di Bagan, kami dikenakan biaya sewa sebesar 8000 kyats untuk pemakaian selama delapan jam.

Jika di Yangoon sama sekali tidak ada motor yang melintas, justru di Bagan ini lah, motor menjadi kendaraan harian masyarakat Bagan dan pastiya para turis.

Tinggal menarik tuas gas, meluncurlah kita di jalan-jalan kota Bagan, yang sebagian tempat beraspal, sebagian lagi masih jalan tanah.

Tak banyak bekal informasi yang kami bawa di hari pertama ini, hanya sekedar bertanya pada penduduk sekitar, pagoda mana yang bagus untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

Selain itu secara acak mampir ke pagoda yang kami anggap bagus untuk diunggah ke Instagram.

Sebelumnya, kami sempatkan makan siang di restoran yang banyak direkomendasikan di Trip Advisor

Sanon Restaurant Bagan

Sanon Retoran dibagun sebagai wadah training kaum muda Bagan, dan secara konsisten ikut andil dalam memajukan sumber daya manusia di Bagan. Dok; mainbentar

Makanan di sini enak, dengan suasana restoran yang nyaman. Staff di sini benar-benar membantu dalam memberikan rekomendasi menikmati kota Bagan.

Dari restoran ini, kami disarankan untuk mengunjungi Ananda Pagoda. Mereka menunjukkan rute menuju kesana, dari peta yang jadi pajangan restoran.

ananda-pagoda-bagan

Ini rute menuju Ananda Pagoda

Ananda Phaya dan Megahnya Budha Mencapai Nirwana

Jadi kami langsung saja melanjutkan perjalanan setelah menyelesaikan makan siang kami.

Jalanan yang sepi dan aspal mulus, membuat kami cepat sampai di tujuan, beberapa turis juga sempat beradu cepat dengan kami, dengan motor listrik terbatas kecepatannya.

Lumayan seru juga sih.. kebut-kebutan pake motor listrik.

ananda pagoda bagan

Akhirnya sampai juga di sini. Dok; mainbentar

ananda pagoda bagan

Dari sisi luar pagoda, megah juga ya. Dok; mainbentar

Ananda Pagoda menjadi salah satu pagoda elegan di Bagan. Arsitektur yang mudah dikenali karena ciri khas-nya. Pernah rusak oleh gempa di tahun 1975, tapi sudah dilakukan restorasi penuh dan peremajaan pada dinding-dinding pagoda, tanpa menghilangkan desain aslinya.

Dibalik keindahannya, pagoda ini juga punya sejarah kelam. Delapan biksu yang merancang bangun pagoda yang terinspirasi dari Kuil Nandamula tempat mereka meditasi di Himalaya, dibunuh. Oleh raja Kyanzittha yang memimpin saat itu.

Setelah mereka menyelesaikan rancangan arsitektur pagoda dengan keahlian tinggi yang membuat bagian dalam pagoda terasa sejuk, sebagai permintaan raja.

Mereka dibunuh dengan maksud, tidak adanya pagoda serupa yang dibangun di tempat lain. Hanya di Bagan.

ananda pagoda in bagan

Patung megah setinggi 9,5m di pagoda ini, sebagai representasi Budha telah mencapai nirwana

Kami berkeliling pagoda ini dengan takjub melihat kemegahan di dalamnya. Patung Budha besar ini diletakkan di 4 penjuru mata angin yang mempunyai nama-nama sendiri. Ada juga dinding-dinding dengan ceruk dimana terdapat patung-patung Budha kecil di dalamnya.

Hari mulai sore, kami mencari jalan keluar dari pagodha ini, sebenarnya masih belum puas, tapi momen matahari terbenam, tak mungkin kami lewatkan. Di pintu keluar, kami melihat bekas tapak kaki Budha yang diatasnya terdapat banyak persembahan di atasnya.

Dan Menutup Hari Dengan Sunset Yang Pecaaaaahhhh!!!!!!

Kami lanjut menuju pagoda yang tak jauh dari tempat ini, menikmati sunset pertama kami di Bagan.

Pagoda ini sepertinya sudah terkenal sebagai spot menikmati matahari terbenam, gile rame bangeet!

sunset in Bagan

Kita harus naik sampai tingkat teratas pagoda. Dok; mainbentar

sunset in Bagan

Orang-orang yang datang lebih dulu, mencari spot terbaik menikmati sunset. Dok; mainbentar

Tapi emang parah banget sih bagusnya. Pemandangan sunset di sini, aslik! Keren abis…

Spread the love

2 Comments Catatan Perjalanan Myanmar 6D5N Day 3-Bagan (Bag 2)

Leave A Comment