Gaya Hidup

Art Bali 2018-Pendobrak Event Seni Kontemporer Di Bali

Kalo kamu pernah liburan ke Jogja dan menyaksikan pagelaran seni kontemporer yang dikenal dengan event tahunan Art Jog, nah di Bali juga hadir event serupa hasil kolaborasi dan ekspansi Art Jog, namanya Art Bali. Event pameran yang bertepatan dengan pertemuan tahunan IMF ini, bakal diadakan selama sebulan, mulai dari 9 Oktober sampai 9 November 2018.

Dari Jogja Lalu Ke Bali

Sama halnya dengan di Jogja, Heri Pemad, penggagas Art Jog, melihat Bali yang juga ikon wisata Indonesia perlu memiliki perhelatan seni, khususnya seni kontemporer layaknya Art Jog, di mana selain terkenal dengan alam dan budayanya, seni di Bali juga sudah diperhitungkan di kancah internasional. Tapi untuk seni kontemporer, belum ada wadah yang atau event yang sengaja dibuat untuk ini.

Menggandeng BEKRAF yang sudah lama mengawal Art Jog, event perdana Art Bali juga didukung Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Yang membuat Art Bali menjadi event spesial dan paling diantisipasi tahun ini adalah, event ini bertepatan dengan diadakannya Pertemuan Tahunan IMF yang mencapai 15.000 partisipan dari 200 negara. Jadi kamu bisa bayangkan, betapa event ini menjadi penting banget buat kamu datangin.

Gak cuma itu, kehadiran Art Bali pun menjadi usaha peyelenggara memperlihatkan progressivitas karya seniman lokal. Harapan kedepannya, Art Bali bisa menjadi parameter seni kontemporer yang ada di Bali. Tidak lupa juga, event ini dibuat untuk membangun ekosistem seni dan budaya di Bali.

Art Bali, rencananya akan dihadiri 39 seniman, baik seniman lokal Bali, nasional dan seniman mancanegara. Meskipun secara konsep tidak jauh berbeda dengan Art Jog, tapi perbedaan tempat dan pastinya seniman yang terlibat dalam event ini, bakal ngasih suasana dan isu berbeda.

Beyond The Myths

Beyond The Myths, adalah tema yang diusung dalam event perdana Art Bali 2018. Jadi nanti, karya-karya yang kamu lihat di event ini, adalah bentuk respon para seniman, atau pembongkaran ulang tanda yang kerap kali dianggap sebagai mitos atau bahkan dimitoskan oleh masyarakat dan budaya. Riffky Efendy dan Ignatia Nilu sebagai tim kurator untuk event Art Bali ini juga menambahkan, pengambilan tema ini, untuk menemukan cara membuka cakrawala yang lebih luas dan tajam pada berbagai fenomena, baik nilai budaya sosial di Indonesia maupun global melalui karya seni.

Seniman Di Art Bali 2018

39 seniman yang terlibat dalam ajang perdana Art Bali 2018 ini adalah seniman-seniman dari latar budaya, disiplin seni, bahkan dari generasi yang berbeda. Pendekatan dan presentasi atas tema, sangat beragam di event ini, mulai dari medium patung, instalasi, lukisan, karya interaktif, karya performatif, video art, optical art, karya konseptual, fotografi dan masih banyak lagi. Jadi kamu bakal melihat seni yang beragam dan pasti ada satu atau dua karya yang “gue banget” di event ini. Seniman-seniman ini, bakal menawarkan gagasan atas tanda-tanda yang sudah menjadi mitos dan dimitoskan oleh seni dan sosial budaya. Seniman-seniman ini dipilih berdasarkan praktik kesenian, kekaryaan, dan kontribusi mereka dalam menggerakkan dinamika seni rupa kontemporer di Indonesia dan global.

Salah satu ikon seni kontemporer Eko Nugroho, hadir dalam pameran Art Bali dengan memberikan tawaran aktivisme seni kontemporer yang provokatif. Ia mebicarakan tema-tema sosial politik dengan kisah-kisah keseharian rakyat. Karya-karyanya mendorong tumbuhnya medium alternatif di Indonesia seperti komik, mural, bordir, dan instalasi dengan visual humor satir gelap yang sangat lokal.

Karya Eko Nugroho The Traveller di Art Bali 2018

Eko Nugroho-The Traveller. Fiber glass paint with acrylic, wood_180x105x120cm(sculpture), 248x80x5cm (poster stick) Dok; Art Bali

Jadwal Acara Art Bali 2018

Upacara Melaspas

4 Oktober 2018 ( 16.00 Wita – Selesai )

Peresmian Art Bali

9 Oktober 2018 ( 16.00-17.00 Wita )

Seluruh kegiatan Art Bali akan diresmikan oleh Bapak Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Art Bali merupakan bagian dari rangkaian acara selama pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018.

Pembukaan Pameran Art Bali

9 Oktober 2018 ( 17.00 Wita – Selesai )

Pameran Art Bali akan secara resmi dibuka oleh Ibu Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Art Exhibition / Pameran Seni

10 Oktober – 9 November 2018 ( 10.00 – 22.00 Wita )

HTM : 150.000 ( Umum )

Selama satu bulan penuh, para penikmat seni dapat menikmati karya-karya seni yang telah dikurasi secara ketat di gedung AB • BC. Bagi mereka yang ingin menikmati karya-karya seni di Art Bali secara khusus, mereka dapat mengikuti Tur Kuratorial bersama Tim Kurator Art Bali pada setiap Sabtu selama masa pameran berlangsung. Art Bali juga memberikan kesempatan kepada para pengunjung umum dan pelajar yang memiliki KTP/SIM/Kartu Pelajar Bali untuk menikmati pameran seni ini secara gratis setiap Selasa mulai dari tanggal 23 Oktober 2018.

Peraturan Pengunjung

Ada baiknya kamu tahu lebih dulu peraturan yang diberlakukan selama acara, biar kamu bisa bisa menikmati kunjungan kamu di event ini dengan aman dan damai.

1. Pengunjung tidak diperkenankan untuk memegang karya-karya yang sedang dipamerkan.
2. Jagalah jarak anda dengan karya.
3. Pengunjung tidak diperkenankan membawa tas ransel atau barang-barang lain yang berukuran besar ke dalam ruang pamer.
4. Pengunjung tidak diperkenankan untuk merokok di area dalam ruang pamer.
5. Pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dan mengunyah permen karet ke dalam ruang pamer.
6. Pengunjung tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan ke dalam ruang pamer.
7. Silakan mengambil gambar tanpa menggunakan cahaya.
8. Tidak diperbolehkan menggunakan monopod atau tripod dalam pengambilan gambar selama di ruang pamer.
9. Anak-anak di bawah 12 tahun harus berada dalam pengawasan orang dewasa.
10. Mohon untuk selalu menjaga ketenangan selama mengelilingi ruang pamer.
Pengunjung harap mematuhi peringatan yang diberikan oleh staf galeri.

Venue And Direction

AB.BC Building

Bali Collection-Nusa Dua

Atau bisa melalui tautan google map ini

Jadi, udah gak bingung kan bulan Oktober mau kemana saat akhir pekan. Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini, jika kamu rasa informasi ini bermanfaat. Tinggalkan komentarmu juga di kolom comment di bawah tulisan ini. Yuk ketemuan di Art Bali 2018. Sampai jumpa Teman Main.

Spread the love

2 Comments Art Bali 2018-Pendobrak Event Seni Kontemporer Di Bali

Jangan lupa meninggalkan komentar. Karena komentar yang kamu tinggalkan, memberi harapan baik untuk blog ini :)