7 Hal Yang Bisa Dilakukan Dalam Sehari Di Makassar. 

Trip singkat dan “kejar tayang” memang menguras tenaga (dana juga sih). Tapi untuk sebuah keseruan, apa aja kudu dilakukan. Kayak trip “colongan” ke Makassar kali ini, kerja sekalian mengunjungi tempat-tempat wisata di suatu kota, demi bisa tetap berbagi keseruan dengan Kamu, Teman Main.

Makassar,

jadi kota pertama “trip colongan”, memang selalu punya magnet sendiri buat dikunjungi. Ibu kota Sulawesi Selatan ini, punya banyak potensi pariwisata yang bagus. Mulai dari wisata sejarah, kuliner, sampai wisata baharinya.

Terus, kamu bisa ngapain aja sih, kalo punya waktu pendek saat berada di Makassar?

Nah, saya akan membaginya buat kamu, atas saran dari teman yang asli Makassar dan bisa dibilang, doi adalah ensiklopedia berjalan Kota Angin Mamiri ini.

1. Makan Coto Makassar Di Warung Coto Gagak Yang Legendaris

Ada dua restauran coto makassar, yang bisa dibilang legendaris di kota ini.  makanan khas Makassar, yang kuah kentalnya terbuat dari kaldu dan kacang tanah yang dihaluskan. Warung Coto Nusantara adalah warung coto legendaris selain warung Coto Gagak  yang saya kunjungi.

Warung Coto Gagak Yang Legendaris
Salah satu warung coto legendaris di Makassar. Dok; mainbentar

Dimasak dengan perlahan di atas tungku berbahan bakar kayu, coto ini punya kuah kental dan rasa rempah yang enak banget. Kamu dapat menikmati coto ini dengan ketupat, dijamin satu mangkok gak akan cukup. Karena selain enak, porsinya juga kecil.

Coto makassar yang bikin ketagihan
Gak cukup semangkok. Dok; mainbentar

Ya kaleee, cukup buat saya yang doyan makan ini.

2. Wisata Sejarah Di Benteng Somba Opu

Atas rekomendasi teman saya, setelah berdamai dengan perut yang berontak, kami menuju Benteng Somba Ompu. Dimana kita bisa menyaksikan rumah-rumah adat setiap daerah di Sulawesi Selatan. Selain itu saya juga diajak bertemu dengan maestro  Tari Pakarena dan Gandrang yang terkenal dan tinggal di salah satu rumah adat di area mirip TMII (Taman Mini Indonesia Indah) ini.

Salah satu rumah adat di area benteng. Dok; mainbentar

Sedikit cerita tentang Somba Opu, dulunya benteng ini dikelilingi sungai, tempat Sultan Hasanudin berdiam dan memimpin pasukan melawan penjajah. Karena sebuah “penghianatan” akhirnya Sultan Hasanudin ditangkap oleh penjajah Belanda, dan benteng ini dihancurkan agar tidak ada lagi sisa kejayaan Makassar yang bisa dikenang anak cucu Sultan Hasanudin.

Benteng Somba Opu Makassar
Cuma tersisa sedikit saja, dari kejayaan benteng Somba Opu. Dok; mainbentar

3. Menikmati Kopi Makassar Di Kafe Ujung.

Kopi Ujung Makassar
Ngopi dulu di kafe Ujung, setelah kehujanan. Dok; mainbentar

Tempat ngopi ini termasuk coffee shop legendaris di kota Makassar. Dulunya coffee shop ini hanya menjadi tempat roasting. Pada generasi ketiga inilah, Kopi Ujung membuka gerai kopinya untuk bisa dinikmati di coffee shopnya yang mungil. Letaknya di jalan Somba Opu, yang terkenal sebagai pusat cinderamata kota Makassar. Oh iya, pemilik Kopi Ujung juga seorang Q grader terkenal loh. Saya sarankan membeli kopi di sini sebagai oleh-oleh buat kamu.

Mau beli biji kopi atau yang sudah digiling, kopi Ujung pantas jadi oleh-oleh buat diri sendiri. Dok; mainbentar

4. Membeli oleh-oleh di jalan Somba Opu

Nah bisa sekalian kan, setelah ngopi, kamu bisa berbelanja oleh-oleh di area ini. Toko oleh-oleh bergaya pecinan tahun 80an, pasti kece banget kalo kamu foto-foto di sini. Minyak Tawon asli Makassar yang terkenal,  banyak dijual di daerah ini.

Jalan Somba Opu Makassar
Jalan Somba Opu tempat memebeli cinderamata. Dok; mainbentar

5. Menikmati Malam Di Pantai Losari

Saat saya kesini, gerimis baru saja berhenti. Tersedia banyak tenan makanan khas makassar yang bisa kamu nikmati sambil melihat warna  lampu-lampu dari pulau reklamasi di Pantai Losari. Pisang Epek menjadi rekomendasi saya, untuk kamu nikmati bersama minuman hangat khas Makassar di tempat ini.

Lampu-lampu cantik di Losari Dok; mainbentar

6. Menikmati Kopi Enak Di Double Shot Coffee

Jangan pernah meremehkan tepat ngopi yang satu ini. Dari segi bangunan, coffee shop ini jauh dari kesan coffee shop kekinian.

Aslik, bangunanya memang terlihat tidak pernah mengalami renovasi sama sekali. Wall decor yang yang terkesan asal-asalan dan tembok yang kusam, bikin kamu yang doyan selfie segera mengurungkan niat berfoto.

Double shot kopi Makassar
Double Shot kopi.Terletak di Jl. Bali No.8, di daerah sekitar pelabuhan.

Tapi percaya lah, kopi di sini enak banget! Saya membeli biji kopi Sapan yang saya nikmati malam itu, untuk oleh-oleh diri sendiri. Menariknya, banyak barista-barista handal kota Makassar yang akhirnya membuka kedai mereka sendiri, lahir dari coffee shop legendaris ini.

7. Melihat Sunrise Dan Aktifitas Nelayan Di Pelabuhan Paotere.

Jika jadwal penerbangan kamu siang hari,

Kamu masih sempat datang kesini, menjelang matahari terbit untuk waktu yang saya sarankan. Kamu masih bisa nikmatin sunrise dan mengabadikan kapal-kapal Pinisi khas Makassar dan tidak terlalu ramai.

Cobalah menikmati pagi di tempat ini, dan temukan banyak keunikan. Dok; mainbentar

Dari itinerari yang telah saya rancang, hanya tujuh tempat yang sanggup saya kunjungi karena keterbatasan waktu, dan semesta yang kurang mendukung (hujan bok!).

Jika kamu masih punya waktu lebih untuk dihabiskan di Makassar, ini dia rekomendasi dari teman saya yang tidak sempat saya kunjungi.

  • Makan Palubasa di Jalan Serigala atau di Jalan Onta, semuanya legendaris. Awas kolesterol naik.
  • Menikmati jajanan Makassar di Kafe Mama
  • Mengunjungi Benteng Rotterdam tempat Pangeran Diponegoro dipenjara

Tips saat kamu baru tiba di Makassar;

  • Di Makasar sudah tersedia taksi online, tapi kondisinya sama seperti di kota-kota lain, harus kucing-kucingan dengan taksi bandara. jalan sedikit ke bale-bale berbentuk rumah adat Toraja di seberang pintu kedatangan domestik, bandara Sultan Hasanudin. Lalu pesan taksi dan janjian dengan supir taksi online di situ.
  • Alternatif lain adalah, kamu bisa memakai taksi bandara, ambil karcis di mesin mirip ATM yang letaknya tepat sebelum pintu keluar kedatangan domestik, pilih KOPSIDARA. Setelah mendapat karcis, disarankan untuk bertanya kepada petugas resmi bandara, tempat menunggu taksi dan menukar karcis pertama dan membayar biaya taksi. Abaikan supir-supir yang menawarkan bantuan membawa tas kamu. Tetap fokus dan pasang muka fierce bak American Next Top Model, menuju loket pembayaran sesuai tujuan kamu.

Jika kamu mendapat faedah dari tulisan ini, tolong bagikan ke sosial media kamu ya, biar saya semangat untuk terus menulis dan membagi informasi yang berguna buat kamu. Tolong ya Teman Main, bagikan *kecup basah buat kamu*

Spread the love

6 Replies to “7 Hal Yang Bisa Dilakukan Dalam Sehari Di Makassar. ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *